Jumat, 23 Februari 2018

MEMBUAT GRAFIK DENGAN PERHITUNGAN PROBABILITAS / PELUANG MENGGUNAKAN APLIKASI MATLAB

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat malam sahabat blogger, kali ini saya akan memposting lagi tugas kuliah saya dalam mata kuliah STOKASTIK. Dalam postingan saya kali ini membahas tentang bagaimana cara membuat grafik probabilitas menggunakan aplikasi matlab.

Sebelum masuk pembahasan, saya akan menjelaskan sedikit tentang probabilitas itu seperti apa.Pengertian Probabilitas adalah suatu nilai yang digunakan untuk mengukur tingkat terjadinya suatu kejadian yang acak. Kata probabilitas itu sendiri sering disebut dengan peluang atau kemungkinan. Probabilitas secara umum merupakan peluang bahwa sesuatu akan terjadi.

Disini saya ada sebuah contoh perhitungan probabilitas :

Bangkitkan angka 1-100.berapakah peluang munculnya angka 36 dan 99 bila dilakukan pengulangan sebanyak 10.000 kali...???
peluang memperoleh angka 36 dan 99 adalah 1/100=0,01


>>Kita mulai dari membuka aplikasi matlab.

  

>>Lalu klik NEW pada aplikasi matlab untuk membuka lembar baru.

>>Setelah itu ketik script dibawah ini yaitu rumus dari soal diatas.

n = 10000;
x = linspace (0,n);
t = ceil (100*rand(1,n));
y = (1--1);
ny= sum(y)*x;
plot(x,ny)



  

>>Jika sudah diketik script nya, lalu tekan RUN untuk menjalankan program yang kita buat tadi.

>>jika sukses, hasil programnya akan muncul grafik seperti dibawah ini.



Nah seperti itu tutorial membuat grafik menggunakan aplikasi matlab, hanya sesingkat itu yang dapat saya berikan untuk tutorialnya, semoga bisa membantu pengunjung blogger.
Terima kasih cukup sekian dari saya

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


 
Load disqus comments

0 komentar